Wanprestasi Terhadap Pelaksanaan Perjanjian Antara PT. Perkebunan Nusantara V Dengan Petani Anggota Masyarakat Melalui Koperasi Sawit Makmur (KOPSA-M) Di Desa Pangkalan Baru Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar

Nadya, Mulia Litami (2018) Wanprestasi Terhadap Pelaksanaan Perjanjian Antara PT. Perkebunan Nusantara V Dengan Petani Anggota Masyarakat Melalui Koperasi Sawit Makmur (KOPSA-M) Di Desa Pangkalan Baru Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. ["eprint_fieldopt_thesis_type_undergraduate" not defined] thesis, Ilmu Hukum.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (146kB) | Preview

Abstract

Menurut Pasal 1234 KUHPerdata, debitur diwajibkan untuk menyerahkan prestasi kepada kreditur dimana prestasi berupa memberikan, berbuat, atau tidak berbuat sesuatu. Dalam hal debitur tidak dapat memenuhi prestasi yang telah diperjanjikan, hal tersebut disebut wanprestasi. Penulis tertarik untuk menganalisis sebuah kasus yang terjadi antara PT. Perkebunan Nusantara V yang merupakan perusahaan BUMN dengan Petani Anggota Masyarakat Melalui Koperasi Sawit Makmur (KOPSA-M) Di Desa Pangkalan Baru Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar dimana diketahui bahwa terdapatnya kasus wanprestasi yang dituduhkan kepada PT. Perkebunan Nusantara V tidak memenuhi prestasi dalam hal pemenuhan hak-hak yang seharusnya diterima oleh Petani Anggota Masyarakat Koperasi Sawit Makmur Di Desa Pangkalan Baru Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar yang tertera didalam perjanjian. Penulis merumuskan masalah pokok yang akan dibahas mengenai bagaimana wanprestasi terhadap pelaksanaan perjanjian antara PT Perkebunan Nusantara V dengan petani anggota masyarakat melalui Koperasi Sawit Makmur (KOPSA-M) di Desa Pangkalan Baru Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar dan Bagaimana kendala terhadap pelaksanaan perjanjian anatara PT. Perkebunan Nusantara V dengan petani anggota Masyaraakat melalui Koperasi Sawit Makmur (KOPSA-M) di Desa Pangkalan Baru kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilihat dari jenisnya adalah penelitian observasional research atau survey yaitu dalam penelitian informasi dikumpulkan dari responden dengan menggunakan 2 jenis data, data primer dan data sekunder. Dan yang menjadi sifat penelitian ini adalah deskriptif yang menggambarkan fakta yang terjadi di lapangan. Pelaksanaan perjanjian antara PT. Perkebunan Nusantara V dengan petani anggota masyarakat melalui Koperasi Sawit Makmur (KOPSA-M) di Desa Pangkalan Baru Kecamatan Siak hulu Kabupaten Kampar terjadi suatu perbuatan pengingkaran yang dilakukan oleh pihak di dalamnya seperti tidak tersedianya fasilitas yang seharusnya di sediakan oleh pihak PTPN V sebagaimana tertera dalam perjanjian dan hal ini dikarenakan PT PTPN V berdalih jika masyarakatlah yang juga melakukan pengingkaran dan adanya suatu peristiwa yang ditutupi oleh masyarakat kepada PTPN V . Kata kunci: Wanprestasi, Perjanjian, Perikatan.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_undergraduate" not defined])
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: > Ilmu Hukum
> Ilmu Hukum
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 30 Jun 2018 12:18
Last Modified: 30 Jun 2018 12:18
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/711

Actions (login required)

View Item View Item