Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Menigkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa XI IPA1 SMA PGRI Tahun Ajaran 2016/2017

Meidamayani S, Meidamayani S (2017) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Menigkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa XI IPA1 SMA PGRI Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Pendidikan Biologi.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img] Text
bab3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (639kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA1 SMA PGRI Pekanbaru Tahun Ajaran 2016/2017 melalui penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing yang merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan analisis data secara deskriptif. Pengambilan data pada penelitian ini dimulai pada tanggal tanggal 19 Januari-27 Februari 2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA1 yang berjumlah 33 orang siswa, terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 21 orang siswa perempuan.. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, daya serap siswa pada nilai PPK sebelum PTK yaitu 66,55%, setelah PTK pada siklus I sebesar 81,61% dan siklus II sebesar 86,30%. Ketuntasan klasikal siswa sebelum PTK yaitu 39,39%, setelah PTK pada siklus I sebesar 78,79% dan siklus II sebesar 100%. Nilai rata-rata daya serap KI siswa sebelum PTK yaitu 71,10%, setelah PTK pada siklus I sebesar 81,43% dan siklus II sebesar 88,23%. Ketuntasan klasiklal KI siswa sebelum PTK yaitu sebesar 48,48%, setelah PTK pada siklus I sebesar 84,85%, dan siklus II sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA1 PGRI Pekanbaru Tahun Ajaran 2016/2017. Kata Kunci: Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
SponsorSuryanti, Suryantiperpustakaan.uir@gmail.com
SponsorSepita, Ferazonaperpustakaan.uir@gmail.com
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: > Pendidikan Biologi
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 25 May 2018 10:20
Last Modified: 25 May 2018 10:20
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/636

Actions (login required)

View Item View Item