Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (guided inquiry) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Terpadu Siswa Kelas VIII3 SMPN 4 Siak Hulu Tahun Pelajaran 2017/2018

Lia, Audia Putri (2018) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (guided inquiry) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Terpadu Siswa Kelas VIII3 SMPN 4 Siak Hulu Tahun Pelajaran 2017/2018. ["eprint_fieldopt_thesis_type_undergraduate" not defined] thesis, Pendidikan Biologi.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img] Text
bab3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (720kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (86kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII3 SMPN 4 Siak Hulu setelah penerapan pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guaded Inquiry). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan bulan Agustus sampai Oktober 2017 dikelas VIII3 SMPN 4 Siak Hulu Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 35 orang siswa 18 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa perempuan. Parameter yang diukur adalah hasil belajar siswa berupa daya serap dan ketuntasan belajar siswa yang diperoleh dari kuis tiap pertemuan dan Ujian Blok pada tiap akhir siklus. Data analisis secara deskriptif. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, nilai rata-rata nilai daya serap PPK sebelum PTK yaitu 75,88% setelah PTK pada hasil belajar kognitif siswa siklus I 85,73%, yang mengalami peningkatan dan pada siklus II sebesar 89,62% ketuntasan klasikal siswa sebelum PTK 68,57% setelah PTK mengalami peningkatan 91,42% dan siklus II 100%. Nilai rata-rata KI siswa sebelum PTK 75,91% setelah PTK siklus I 82,61% dan siklus II 87,18%. Ketuntasan klasikal KI sebelum PTK 62,85% setelah PTK siklus I sebesar 97,14% dan siklus II 100%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan Hasil Belajar Biologi Kelas VIII3 SMPN 4 Siak Hulu Tahun Pelajaran 2017/2018. Kata Kunci: Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar (Hasil belajar Kognitif, Hasil belajar Psikomotorik)

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_undergraduate" not defined])
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: > Pendidikan Biologi
> Pendidikan Biologi
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 25 May 2018 10:19
Last Modified: 25 May 2018 10:19
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/635

Actions (login required)

View Item View Item