Upaya Pihak Kepolisian Dalam Menangani Kasus Pembunuhan (Pembunuhan yang dilakukan Anton Karok di Polsek Tenayan Raya Kota Pekanbaru)

Roy, Putra Sanjaya (2016) Upaya Pihak Kepolisian Dalam Menangani Kasus Pembunuhan (Pembunuhan yang dilakukan Anton Karok di Polsek Tenayan Raya Kota Pekanbaru). undergraduate thesis, Kriminologi.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img] Text
bab3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text
bab6.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (21kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version

Download (16kB) | Preview

Abstract

Barang siapa dengan sengaja merampas nyawa orang lain, diancam karena pembunuhan dengan pidana penjara paling lama lima belas tahun. Sedangkan tentang pembunuhan berencana diatur dalam pasal 340 KUHP yang berbunyi : Barang siapa dengan sengaja dan dengan rencana terlebih dahulu merampas nyawa orang lain, diancam karena pembunuhan dengan rencana, denga pidana mati atau pidana penjara seumur hidup atau selama waktu tertentu, paling lama dua puluh tahun. Pemerintah dan Kepolisian berperan penting dalam penanggulangan tindak pidana kriminal yang terjadi dalam masyarakat, sesuai dengan fungsi Kepolisian yang dimuat dalam undang-undang kepolisian Nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia. Masalah dalam penelitian ini adalah Apa saja langkah-langkah yang dilakukan oleh Polsek Tenayan Raya dalam menangani kasus pembunuhan yang dilakukan oleh Anton karok?. Penelitian ini menggunakan teori(Dermawan, 2000), standar Operasional Prosedur (SOP) Penyelidikan Kepolisian, (Alam, 2010). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah anggota Polsek Tenayan Raya Kota Pekanbaru yang paling mengetahui dan menangani kasus pembunuhan yang dilakukan oleh Anton Karok. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam mengumpulkan data dilapangan adalah teknik observasi nonpartisipan , teknik wawancara, teknik rekam, teknik catat dan teknik dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah upaya pihak kepolisian dalam menangani kasus pembunuhan anatara lain : Penindakan saat pengolahan Tempat Kejadian Perkara (TKP) serta menemukan sejumlah barang bukti (BB), selain menemukan sejumlah barang bukti tersebut polisi juga mencari keterangan, petunjuk, identitas tersangka dan korban serta mencatat informasi dari sejumlah saksi-saksi yang melihat kejadian tersebut serta membuat Berita Acara Pemeriksaan (BAP) di TKP, kemudian kepolisian melakukan penangkapan terhadap tersangka Anton Karok disekitar pemakaman di jalan Kuini Kecamatan Marpoyan Damai pada tanggal 19 November 2014 sekitar pukul 22.15 WIB dan Upaya Represif dalam hal ini dilakukan pada saat telah terjadi tindak pisdana / kejahatan yang tindakan berupa penegakan hukum (law enforcement) dengan menjatuhkan hukuman yaitu Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Anton Karok dengan pidana penjara selama 8 (delapan) tahun

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HX Socialism. Communism. Anarchism
Divisions: Universitas Islam Riau > Kriminologi
Universitas Islam Riau > Kriminologi
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 25 May 2018 10:18
Last Modified: 25 May 2018 10:18
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/626

Actions (login required)

View Item View Item