Analisis Kinerja Keuangan (Kasus pada Koperasi Unit Desa Bina Sejahtera di Desa Lubuk Kembang Sari Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan)

Putri, Andriani (2018) Analisis Kinerja Keuangan (Kasus pada Koperasi Unit Desa Bina Sejahtera di Desa Lubuk Kembang Sari Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan). undergraduate thesis, Agribisnis.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf - Published Version

Download (355kB) | Preview
[img] Text
bab3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview

Abstract

Perkembangan atau hasil usaha dari koperasi secara keseluruhan dapat diketahui dari laporan keuangan yang disajikan berupa neraca dan laporan rugi laba tahunan serta penambahan modal, dimana laporan keuangan tersebut menentukkan atau menilai posisi keuangan koperasi pada waktu tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik pengurus dan ketua kelompok tani KUD Bina Sejahtera, menganalisis kinerja keuangan KUD Bina Sejahtera ditinjau dari rasio likuiditas, solvabilitas, rentabilitas, aktivitas dan efektivitas serta menganalisis perkembangan pos-pos dalam neraca dan laporan rugi laba pada KUD Bina Sejahtera pada tahun 2012-2016 ditinjau dari perkembangan dan persentase per komoponen. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus pada KUD Bina Sejahtera yang berada di Desa Lubuk Kembang Sari Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan. Penelitian ini dilaksanakan selama lima bulan, terhitung dari bulan November 2017 sampai bulan Maret 2018. Hasil penelitian menunjukkan Umur pengurus rata-rata umur 45,33 tahun dan ketua KT rata-rata 54,16 tahun. Pendidikan pengurus terbanyak adalah 12,00 (SMA) tahun dan ketua KT adalah 7,41 (SD) tahun. Pengalaman pengurus KUD rata-rata 16,00 tahun dan ketua KT 13,44 tahun. Jumlah tanggungan keluarga pengurus dengan rata-rata 4,00 orang dan ketua KT 4 orang. Rasio likuiditas KUD Bina Sejahtera belum mampu membayar hutangnya dengan segera dan resiko untuk menghadapi kebangkrutan semakin besar karena nilai current ratio dibawah standar. Quick ratio dan cash ratio KUD kurang baik. Rasio solvabilitas dikatakan bahwa KUD Bina tidak memiliki kelebihan modal sendiri atas hutangnya. Namun KUD memliki kemampuan untuk menjamin total hutangnya menggunakan total aktiva yang dimilikinya. Dilihat dari rasio rentabilitas bahwa kemampuan KUD dalam menghasilkan laba sudah baik, dan kemampuan koperasi dalam menghasilkan laba dengan penggunaan modal sendirinya cukup baik. Dilihat dari rasio aktivitas KUD menunjukkan efektifitas penggunaan aktiva tetap yang baik karena berada diatas standar. Dilihat rasio efektivitas KUD masih baik. Perkembangan pos-pos dalam neraca dan laporan rugi laba dan laporan rugi laba SHU mengalami peningkatan tetapi ada juga mengalami penurunan. Persentase per komponen pada aktiva lancar diperbandingkan dengan total aktiva yang memberikan kontribusi terbesar yaitu piutang usaha. Pada pasiva komponen yang paling besar adalah simpanan sukarela. Keyword: KUD, Likuiditas, Solvabilitas, Rentabilitas

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Universitas Islam Riau > Agribisnis
Universitas Islam Riau > Agribisnis
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 25 May 2018 10:17
Last Modified: 25 May 2018 10:17
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/622

Actions (login required)

View Item View Item