Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Konsentrasi Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD Negeri 048 Pekanbaru

Moalina, Selma Delpi (2018) Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Konsentrasi Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD Negeri 048 Pekanbaru. Undergraduate thesis, Pendidikan Agama Islam.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img] Text
bab3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (18kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version

Download (13kB) | Preview

Abstract

Metode Demonstrasi adalah cara mengajar dengan mempertunjukan materi pembelajaran diikuti dengan penampilan tingkah laku yang dicontohkan oleh guru dan peserta didik menirukan secara nyata agar mereka memiliki pemahaman dan keterampilan maksimal sesuai dengan indikator dan tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Konsentrasi adalah pemusatan tenaga dan energi psikis dalam menghadapi suatu objek, dalam hal ini peristiwa proses belajar mengajar di kelas dan apa yang berkaitan dengan itu. Berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan di SD Negeri 048 Pekanbaru, bahwa yang mengakibatkan peserta didik kurang berkonsentrasi ketika belajar adalah suasana lingkungan yang kurang kondusif yakni letak sekolah yang terlalu dekat dengan jalan raya. Penulis melakukan penelitian pada peserta didik kls IV di SD Negeri 048 Pekanbaru dengan rumusan masalah “Apakah ada Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap konsentrasi belajar peserta didik dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam?. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh Metode Demonstrasi terhadap konsentrasi belajar peserta didik di kls IV SD Negeri 048 Pekanbaru. Metode penelitian korelasi, populasi sebanyak 78 responden. Metode penelitian menggunakan jenis kuantitatif. Berdasarkan Hasil uji_t diperoleh bahwa thitung sebesar 1.321 dengan nilai ttabel 1.99167, maka diketahui nilai thitung (1.321) < ttabel (1.99167) menunjukkan variabel Metode Demonstrasi “Ada pengaruh” terhadap Konstrasi Belajar peserta didik kls IV SD 048 Pekanbaru. Besar pengaruh Metode Demonstrasi pada nilai R_Square/koefesien determinasi sebesar 0.022, ini menunjukkan pengaruh Metode Demonstrasi terhadap konsentrasi belajar peserta didik di SD Negeri 048 Pekanbaru “ sangat rendah”. Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Konsentrasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
SponsorHamzah, Hamzahperpustakaan.uir@gmail.com
SponsorSyahraini, Tambakperpustakaan.uir@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 21 May 2018 09:54
Last Modified: 21 May 2018 09:54
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/597

Actions (login required)

View Item View Item