Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas VIII C SMPN 02 Logas Tanah Darat

Fajar, Ayu Lestari (2018) Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas VIII C SMPN 02 Logas Tanah Darat. Undergraduate thesis, Pendidikan Agama Islam.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf - Published Version

Download (431kB) | Preview
[img] Text
bab3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (729kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama islam di kelas VIII C SMPN 02 Logas Tanah Darat. Salah satu penyebab dari rendahnya hasil belajar di kelas ini adalah pengguaan metode atau strategi pembelajaran ceramah. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan belajar secara klasikal yang baru mencapai 54,5% yang mana seharusnya mencapai 85%. Strategi pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) merupakan salah satu faktor pendukung dalam peningkatan hasil belajar peserta didik dalam suatu proses belajar mengajar. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar setelah diterapkan strategi pembelajaran kontekstual dalam proses belajar mengajar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan strategi pembelajaran kontekstual (Cotextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama islam di kelas VIII C SMPN 02 Logas Tanah Darat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) yang tepat dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama islam di kelas VIII C SMPN 02 Logas Tanah Darat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Melalui analisis data yang diperoleh dari lapangan dapat diketahui bahwa hasil belajar peserta didik sebelum dilakukan tinndakan berada pada kategori sangat rendah dilihat dari ketuntasan belajar secara klasikal yang baru mencapai 54,5% yang mana seharusnya ketuntasan klasikal ini mencapai 85%. Setelah penerapan strategi pembelajaran kontekstual pada siklus I hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yakni berada pada kategori sedang dengan persentase 81,8%. Kemudian peneliti melanjutkan penelitian pada siklus II, pada siklus II ini hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan pada kategori tinggi dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 86,3%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama islam di kelas VIII C SMPN 2 Logas Tanah Darat termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 86,3%. Kata kunci: Strategi pembelajaran kontekstual dan Hasil belajar Peserta Didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
SponsorM. Ali, Noerperpustakaan.uir@gmail.com
SponsorSholeh, Sholehperpustakaan.uir@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 21 May 2018 09:30
Last Modified: 21 May 2018 09:30
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/580

Actions (login required)

View Item View Item