Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas X Di Sman 2 Gunung Sahilan

Ismiliani, Ismiliani (2018) Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas X Di Sman 2 Gunung Sahilan. Undergraduate thesis, Pendidikan Ekonomi Akuntansi.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview
[img] Text
bab3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (707kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 2 Gunung Sahilan tahun ajaran 2017/2018, (2) mengatahui pengaruh keaktifan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 2 Gunung Sahilan tahun ajaran 2017/2018, (3) mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan keaktifan siswa dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 2 Gunung Sahilan tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah deskriftif kuantitatif, jumlah populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X di SMAN 2 Gunung Sahilan, teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh yaitu seluruh jumlah siswa kelas X yang berjumlah 98 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolonieritas, uji regresi berganda, uji t, uji f, dan uji determinan. Hasil pengujian hipotesis menujukkan bahwa (1) Kemandirian belajar berpengaruh positif atau signifikan terhadap hasil belajar, tampak pada rhitung sebesar 3,445 lebih besar dari rtabel sebesar 1,665 sedangakan sig. sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. (2) Keaktifan siswa berpengaruh positif atau signifikan terhadap hasil belajar tampak pada rhitung sebesar 5,441 lebih besar dari rtabel sebesar 1,665 sedangkan sig. sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. (3) Terdapat pengaruh yang positif atau signifikan antara kemandirian belajar dan keaktifan siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X di SMAN 2 Gunung Sahilan, tampak pada fhitung sebesar 30,582 lebih besar dari ftabel sebesar 3,15 sedangankan sig. sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Dari hasil perhitungan koefisien determinan diketahui bahwa kemandirian belajar dan keaktifan siswa memberikan kontribusi sebesar 39,2% terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X di SMAN 2 Gunung Sahilan. Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Keaktifan Siswa, dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
SponsorNurhuda, Nurhudaperpustakaan.uir@gmail.com
SponsorAgus, Baskaraperpustakaan.uir@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: > Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 21 May 2018 08:53
Last Modified: 21 May 2018 08:53
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/566

Actions (login required)

View Item View Item