Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 25 Pekanbaru

Said, Hayunnadi (2018) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 25 Pekanbaru. ["eprint_fieldopt_thesis_type_undergraduate" not defined] thesis, Pendidikan Matematika.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[img] Text
bab3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII7 SMP Negeri 25 Pekanbaru dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII7 dengan jumlah siswa 38 orang dengan karakteristik dan kemampuan yang heterogen. Penelitian ini merupakaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), instrumen yang digunakan adalah perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus, RPP dan LKS adapun instrumen pengumpulan data yang diguanakan adalah lembar pengamatan yang terdiri dari lembar aktivitas guru, aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Teknik penelitian ini dalam pengumpulan data adalah teknik pengamatan dan tes hasil belajar dari ulangan harian I dan ulangan II. Hasil penelitian ini menunjukkan setelah diterapkan pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) terjadi peningkatan partisipasi siswa di dalam kelas dan meningkatnya hasil belajar matematika siswa kelas VIII7 SMP Negeri 25 Pekanbaru, hal ini ditandai dari ketercapaian KKM sebelum tindakan sebanyak 18 siswa (47,36%), sedangkan setelah tindakan pada siklus I sebanyak 21 siswa(57,89%), pada siklus II sebanyak 31 siswa(81,94%). Ini menunjukkan bahwa ketercapaian KKM setelah tindakan memberikan peningkatan terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar pada materi pokok Relasi dan Fungsi. Kata kunci: Kooperatif, Number Head Together (NHT), Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_undergraduate" not defined])
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: > Pendidikan Matematika
> Pendidikan Matematika
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 15 May 2018 11:53
Last Modified: 15 May 2018 11:53
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/554

Actions (login required)

View Item View Item