Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII-3 SMPN 6 Siak Hulu

Nurvilla, Nurvilla (2018) Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII-3 SMPN 6 Siak Hulu. ["eprint_fieldopt_thesis_type_undergraduate" not defined] thesis, Pendidikan Matematika.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img] Text
bab3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (85kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses belajar dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-3 di SMPN 6 Siak Hulu tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 24 siswa, yang terdiri dari 15 siswa dan 9 siswi. Penelitian ini berlangsung dari tanggal 12 Oktober 2017 sampai 09 November 2017. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Instrumen pengumpulan data adalah lembar pengamatan dan tes hasil belajar matematika siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa teknik pengamatan dan teknik tes. Teknik analisis data pada penelitian ini berupa analisis data kualitatif berupa aktivitas guru dan siswa dan analisis data kuantitatif berupa hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbaikan proses pembelajaran dengan baik dari sebelum tindakan ke sesudah tindakan dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari skor dasar keulangan harian I dan ulangan harian II. Pada skor dasar jumlah siswa yang mencapai KKM yaitu 7 orang dari 24 siswa atau 29,2% dengan rata-rata 57,5. Pada ulangan harian I jumlah siswa yang mencapai KKM adalah 12 dari 24 siswa atau 50% dengan rata-rata 68,3. Kemudian meningkat pada ulangan harian II jumlah siswa yang mencapai KKM adalah 16 orang dari 24 siswa atau 66,7% dengan rata-rata 80. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM) dapat Memperbaiki Proses Pembelajaran dan Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII-3 SMPN 6 Siak Hulu tahun ajaran 2017/2018. Kata Kunci: Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM), Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_undergraduate" not defined])
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: > Pendidikan Matematika
> Pendidikan Matematika
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 15 May 2018 11:50
Last Modified: 15 May 2018 11:50
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/552

Actions (login required)

View Item View Item