Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 5 Kuantan Mudik

Nurfaliza, Nurfaliza (2018) Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 5 Kuantan Mudik. Undergraduate thesis, Pendidikan Matematika.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img] Text
bab3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa melalui penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dalam pembelajaran matematika kelas VIII SMPN 5 Kuantan Mudik pada materi pokok lingkaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 5 Kuantan Mudik tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa sebanyak 19 orang siswa dengan 11 orang laki-laki dan 8 orang perempuan dengan kemampuan heterogen. Pengambilan data berlangsung pada tanggal 04 Januari sampai dengan 05 Februari 2018 yang terdiri dari 3 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik pengamatan dan teknik angket. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif berupa aktivitas guru dan siswa dan analisis data kuantitatif berupa angket aktivitas belajar matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 5 Kuantan Mudik. Hal ini terlihat dari hasil angket aktivitas belajar matematika sebelum tindakan dilakukan adalah 60,72% , sesudah siklus I 66,03%, sesudah siklus II 71,15% dan sesudah siklus III 78,65%. Dari hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 5 Kuantan Mudik. Kata kunci : Model Pembelajaran Learning Cycle 5E, Aktivitas Belajar Matematika Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
SponsorAlzaber, Alzaberperpustakaan.uir@gmail.com
SponsorLeo, Adhar Effendiperpustakaan.uir@gmail.com
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 15 May 2018 11:49
Last Modified: 15 May 2018 11:49
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/551

Actions (login required)

View Item View Item