Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Kreatif dan Produktif pada Materi Kesebangunan dan Kekongruenan Kelas IX SMP

Ina, Putriani (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Kreatif dan Produktif pada Materi Kesebangunan dan Kekongruenan Kelas IX SMP. Undergraduate thesis, Pendidikan Matematika.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[img] Text
bab3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (85kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran dengan Model Pembelajaran Kreatif dan Produktif pada Materi Kesebangunan dan Kekongruenan Kelas IX SMP yang teruji validitas dan praktikalitas. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Reseacrh and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan penelitian yang terdiri dari: tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Develop) yang terdiri dari uji validasi dan uji kepraktisan. Uji validasi RPP dan LAS dilakukan oleh para validator yang terdiri dari 2 dosen FKIP Matematika UIR dan 1 guru Matematika SMP Negeri 17 Pekanbaru. Dan Uji kepraktisan dilaksanakan di kelas IX.1 SMP Negeri 17 Pekanbaru pada semester 1 (ganjil) tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 36 orang. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi RPP dan LAS, angket respon siswa, dan lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran. Dari hasil penelitian diperoleh hasil kevalidasi RPP sebesar 85,85% dengan kriteria kevalidan sangat valid dan nilai kevalidan LAS sebesar 77,6% dengan kriteria cukup valid. Hasil kepraktisan LAS sebesar 82,99% dengan kategori sangat praktis. Dan hasil lembar pengamatan sebagian besar pernyataan dalam lembar pengamatan telah terlaksanakan dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian pengembangan ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kreatif dan produktif pada materi kesebangunan dan kekongruenan kelas IX SMP teruji kevalidan dan kepraktisannnya. Kata Kunci : pengembangan perangkat pembelajaran, Kreatif dan Produktif, Kesebangunan dan Kekongruenan, RPP, dan LAS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
SponsorZulkarnain, Zulkarnainperpustakaan.uir@gmail.com
SponsorLeo, Adhar Effendiperpustakaan.uir@gmail.com
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 15 May 2018 11:47
Last Modified: 15 May 2018 11:47
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/548

Actions (login required)

View Item View Item