Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Macromedia Flash 8 Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA Smart Indonesia

Dwi, Putri Ramadani (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Macromedia Flash 8 Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA Smart Indonesia. Undergraduate thesis, Pendidikan Matematika.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf - Published Version

Download (473kB) | Preview
[img] Text
bab3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (86kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview

Abstract

Pengembangan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 termasuk kedalam penelitian dan pengembangan. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran yang valid dan praktis pada materi dimensi tiga. Penelitian dilaksanakan pada 17 sampai 24 Januari 2018. Penelitian ini mengacu pada pengembangan instruksional Plomp yang terdiri atas: (1) fase investigasi awal; (2) fase desain; (3) fase realisasi; (4) fase tes, evaluasi dan revisi. Instrument pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa lembar validasi, lembar respon guru dan lembar respon siswa. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis validasi media pembelajaran yang penilaiannya menggunakan skala Likert dan analisis kepraktisan media pembelajaran menggunakan penilaian diperoleh melalui lembar respon guru dan lembar respon siswa. Fase investigasi awal merupakan analisis kebutuhan atau analisis masalah, disini peneliti melakukan analisis kebutuhan, analisis siswa dan analisis materi. Kemudian peneliti melakukan desain awal media dan desain instrument penelitian. Selanjutnya media pembelajaran dikembangkan dengan bantuan aplikasi Macromedia Flash 8, hasil analisis rata-rata validasi sebesar 83,76% dengan kategori cukup valid, sedangkan hasil analisis rata-rata kepraktisan media pembelajaran sebesar 87,31% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran matematika berbasis Macromedia Flash 8 pada materi dimensi tiga kelas X dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan media pembelajaran yang teruji valid dan kepraktisannya. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Macromedia Flash 8, Dimensi Tiga, Plomp.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
SponsorAlzaber, Alzaberperpustakaan.uir@gmail.com
SponsorLeo, Adhar Effendiperpustakaan.uir@gmail.com
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 15 May 2018 11:46
Last Modified: 15 May 2018 11:46
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/547

Actions (login required)

View Item View Item