Sistem Pelaporan dan Monitoring Pengukuran Kayu Produksi Hutan Tanaman Industri Pada PT. Mutiara Sabuk Khatulistiwa Berbasis Mobile

Nugrah, Giam Putra (2017) Sistem Pelaporan dan Monitoring Pengukuran Kayu Produksi Hutan Tanaman Industri Pada PT. Mutiara Sabuk Khatulistiwa Berbasis Mobile. undergraduate thesis, Teknik Informatika.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[img] Text
bab3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (893kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version

Download (6kB) | Preview

Abstract

PT. Mutiara Sabuk Khatulistiwa di Indragiri Hilir merupakan salah satu perusahaan konsesi pemasok bahan baku bubur kertas Asia Pulp and Paper (APP). Namun dalam menjalankan proses bisnisnya, perusahaan ini masih menggunakan cara manual dan tidak terkomputerisasi. Misalnya pada proses monitoring kayu oleh atasan yakni dengan cara melihat langsung kumpulan laporan karyawan yang tersimpan di dalam berkas. Selain itu, proses pembuatan laporan dari sub-sub divisi juga masih dilakukan secara manual yakni dicatat di dalam buku yang sudah disediakan. Dari buku tersebut, laporan kemudian dipindahkan dalam aplikasi Microsoft Excel lalu dicetak dan diserahkan kepada atasan. Semua laporan dari berbagai divisi ini diserahkan kepada atasan setiap hari. Cara ini tidak sesuai dengan teknologi yang sudah berkembang pesat. Dimana petugas masih harus menggunakan catatan manual, mengetik ulang ke aplikasi Microsoft Excel, dan harus menyerahkannya secara langsung kepada atasan. Atasan nantinya hanya bisa melakukan proses monitoring dengan cara melihat langsung laporan dalam bentuk cetak tersebut. Dengan sistem ini, petugas baik dari Tempat Pengumpulan Kayu, Tempat Penimbunan Kayu, Posko maupun Dermaga bisa langsung memasukan laporan mereka ke dalam sistem. Nantinya, atasan bisa melakukan proses monitoring laporan dari setiap divisi secara langsung kapan saja dan dimana saja. Sistem ini dikembangkan dengan framework jQuery Mobile dan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan database MySQL. Hasil kusioner yang telah disebarkan, menunjukan bahwa total persentase nilai aspek pengunaan sistem ini sebesar 90.31 % atau diinterpretasikan sangat setuju. Kata Kunci: Sistem, Monitoring, Pelaporan, Mobile.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Universitas Islam Riau > Teknik Informatika
Universitas Islam Riau > Teknik Informatika
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 27 Apr 2018 11:31
Last Modified: 27 Apr 2018 11:31
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/487

Actions (login required)

View Item View Item