Upaya Peningkatkan Kemampuan Menari Peserta Didik Dengan Menggunakan Metode Drill dalam Mata Pelajaran Seni Budaya (Tari Saman) pada Siswa Kelas VII SMP PGRI Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018

Ananta, Dhestara Yusdar (2018) Upaya Peningkatkan Kemampuan Menari Peserta Didik Dengan Menggunakan Metode Drill dalam Mata Pelajaran Seni Budaya (Tari Saman) pada Siswa Kelas VII SMP PGRI Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (466kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (873kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (291kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan menari peserta didik dalam materi pembelajaran Tari saman melalui Metode Drill di Kelas VII C SMP PGRI Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbentuk Deskriptif Kuantitatif yaitu mengamati dan meningkatkan kemampuan menari peserta didik di kelas.. Data diambil melalui dua siklus yaitu sekitar 2 bulan lamanya tergantung kemampuan belajar yang telah diperoleh. Data diambil mulai dari bulan februari akhir sampai awal april tahun 2018. Pada saat tes awal persentase hasil belajar siswa pada teori dan praktek ketuntasan klasikalnya adalah 33,3%. Penilaian yang dilakukan pada siklus 1 mengalami kemampuan menari psikomotorik mengalami peningkatan, persentase tes praktek pada siklus 1 adalah 37,5% pada tes praktek tari. Ketuntasan klasikal pada siklus 1 masih terdapat siswa dibawah KKM, karena KKM di sekolah adalah 80. Selanjutnya pada siklus II pada 50% Pada tes praktek tari. Penilaian psikomotorik atau praktek tari siswa mengalami peningkatan dari 24 orang siswa yang mendapat nilai diatas KKM adalah 12 siswa dan 12 siswa lainnya masih dibawah KKM, dengan ketuntasan klasikal 50%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Drill pada pembelajaran Tari saman dapat meningkatkan Kemampuan menari siswa di kelas VII C SMP PGRI Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Drill, Kemampuan menari.
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: > Pendidikan Sendratasik
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 07 Dec 2021 08:09
Last Modified: 07 Dec 2021 08:09
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4852

Actions (login required)

View Item View Item