Pengaruh Kesiapan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Singingi

Nuryati, Dila (2018) Pengaruh Kesiapan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Singingi. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (451kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (214kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Singingi. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Singingi sebanyak 26 orang. Variabel dalam penelitian ini adalah kesiapan belajar sebagai variable X dan hasil belajar sebagai variabel Y. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik angket, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data adalah analisis data deskriptif, analisis korelasi dan koefisien determintasi (r2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa korelasi antara kesiapan belajar dengan hasil belajar matematika SMP kelas VIII SMP Negeri 1 Singingi adalah kuat yaitu sebesar 0,68. Kemudian terdapat korelasi yang signifikan antara variabel kesiapan belajar dengan hasil belajar matematika dengan nilai r hitung = 0,68 dan r tabel = 0,388. Hal ini berarti r hitung > r tabel sehingga H 0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara kesiapan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Singingi. Korelasi antara variabel kesiapan belajar dan hasil belajar adalah cukup kuat. Kontribusi kesiapan belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 46,2%

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Belajar, Hasil Belajar Matematika
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Furqan nafis al-azami
Date Deposited: 02 Dec 2021 07:41
Last Modified: 02 Dec 2021 07:41
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4701

Actions (login required)

View Item View Item