Kemampuan Siswa Kelas VII SMPN 5 Kuantan Mudik dalam Membaca Puisi Tahun Ajaran 2016/ 2017

Wina, Ramada Yanti (2018) Kemampuan Siswa Kelas VII SMPN 5 Kuantan Mudik dalam Membaca Puisi Tahun Ajaran 2016/ 2017. ["eprint_fieldopt_thesis_type_undergraduate" not defined] thesis, Pendidikan Bahasa Indonesia.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img] Text
bab3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version

Download (17kB) | Preview

Abstract

Puisi adalah Karya sastra yang dipadatkan, dipersingkat dan diberi irama dan bunyi yang padu dan pemilihan kata-kata kias ( imajinatif). Walaupun kehadiran puisi pada awalnya untuk menikmati, dirasakan dan dihayati, bukan untuk dapat dipahami dan dimengerti. Namun penghayatan terhadap puisi tidak lah lepas dari pikiran, perasaan, dan imajinasi. Fenomena yang terjadi dilingkungan pelajar atau mahasiswa saat ini adalah pelajar atau mahasiswa hanya sekedar membaca puisi tanpa mengetahuai struktur yang terdapat dalam puisi tersebut, sehingga pembaca puisi hanya sekedar membaca saja tamnpa benarbenar menikmati maksud dari puisi tersebut.Lafal adalah cara seseorang atau kelompok orang dalam suatu masyarakat bahasa dalam pengucapkan bunyi bahasa Adapun yang dimaksud dengan bunyi bahasa antara lain [a], [c], [f], [h] dan [u]. Tekanan adalah keras lunaknya pengucapan kata. Tekanan berfungsi untuk memberikan tekanan khusus pada kata-kata tertentu.. Intonasi adalah hanya dapat dinikmati bila dibaca dengan irama yang baik, dalam membaca puisi intonasi sangat lah perlukan karena intonasi menyangkut masalah tinggi rendahnya irama dalam sebuah puisi. ekspresi adalah pernyataan perasaan hasil penjiwaan puisi. Penjiwaan puisi dapat dilakukan jika pembaca mampu menginterprestasikan maksna puisi secara tepat, apabila penafsiran makna keliru, penjiwaannya pasti tidak mengenai. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu: (1) Bagaimanakah Kemampuan Siswa Kelas VII SMPN 5 Kuantan Mudik dalam Membaca Puisi dengan Memperhatikan lafal? (2) Bagaimanakah Kemampuan Siswa Kelas VII SMPN 5 Kuantan Mudik dalam Membaca Puisi dengan Memperhatikan Tekanan? (3) Bagaimanakah Kemampuan Siswa Kelas VII SMPN 5 Kuantan Mudik dalam Membaca Puisi dengan Memperhatikan Intonasi? (4) Bagaimanakah Kemampuan Siswa Kelas VII SMPN 5 Kuantan Mudik dalam Membaca Puisi dengan Memperhatikan Ekspresi?Tujuan dalam penelitian ini untuk Mendeskrpsikan, Menganalisis, Menginterprestasi, serta mengumpulkan data. Teori yang penulis gunakan untuk penelitian ini olehTarigan(2005),Tampubolon (2008) ,Hamidy(2001), Herma Waluyo. Hasil penelitian ini menyimpulkan (1) rata-rata kemampuan siswa kelas VII SMPN 5 Kuantan Mudik dalam membaca puisi pada asfek lafal berkatagori 78,21% baik (2) rata-rata kemampuan siswa kelas VII SMPN 5 Kuantan Mudik dalam membaca puisi pada asfek tekanan berkategori 96% baik (3) rata-rata kemampuan siswa kelas VII SMPN 5 Kuantan Mudik dalam membaca puisi pada asfek intonasi bertagori dengan rata-rata 78,85% baik (4) ) rata-rata kemampuan siswa kelas VII SMPN 5 Kuantan Mudik dalam membaca puisi pada asfek ekspresi dengan rata-rata 67,85% cukup. Kata kunci:lafal, Tekanan,Intonasi dan Ekspresi

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_undergraduate" not defined])
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: > Pendidikan Bahasa Indonesia
> Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 24 Apr 2018 14:33
Last Modified: 24 Apr 2018 14:33
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/429

Actions (login required)

View Item View Item