Komunikasi Persuasif Sales Assistant BNI Syariah Cabang Pekanbaru Dalam Menarik Calon Nasabah Non Muslim Pembiayaan Griya IB Hasanah

Muhammad, Alfiandi (2018) Komunikasi Persuasif Sales Assistant BNI Syariah Cabang Pekanbaru Dalam Menarik Calon Nasabah Non Muslim Pembiayaan Griya IB Hasanah. Undergraduate thesis, Ilmu Komunikasi.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[img] Text
bab3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview

Abstract

Komunikasi adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan bagi manusia. Salah satu bentuk komunikasi yang digunakan manusia adalah melalui komunikasi persuasif. Secara umum, komunikasi persuasif merupakan kegiatan penyampaian suatu informasi atau masalah kepada pihak lain sesuai dengan yang kita inginkan. Dalam komunikasi persuasif ada beberapa unsur-unsur yang dipakai antara lain pesan, saluran atau media dan umpan balik. Nasabah adalah individu atau kelompok yang menjalin hubungan bisnis dengan perusahaan asuransi atau lembaga keuangan yang biasa disebut dengan bank. Griya iB Hasanah adalah fasilitas pembiayaan konsumtif dari BNI Syariah yang diberikan kepada masyarakat untuk membeli, membangun, merenovasi rumah, dan membeli tanah kavling serta rumah indent, yang besarnya disesuaikan dengan kebutuhan pembiayaan dan kemampuan membayar kembali masing-masing calon nasabah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang mengarah pada pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam melakukan komunikasi persuasif, Sales Assistant menarik calon nasabah non-muslim melalui proses mempengaruhi sikap yang dilakukan dengan dua cara. Yang pertama adalah dengan melakukan komunikasi satu arah dengan adanya bantuan media berupa brosur, standing banner dan spanduk. Yang kedua dengan cara komunikasi dua arah melalui pendekatan persuasif yaitu saluran informal seperti media tatap muka dimana Sales Assistant bertemu langsung dengan calon nasabah untuk menjelaskan apa itu produk Griya iB Hasanah. Dengan cara ini kita dapat mengetahui pesan apa saja yang disampaikan Sales Assistant kepada calon nasabah dan juga dapat mengetahui secara langsung bagaimana respon dan tanggapan nasabah non-muslim terhadap produk yang ditawarkan. Ada dua faktor yang mempengaruhi dalam menarik calon nasabah non muslim yaitu faktor keberhasilan dan faktor ketidakberhasilan. Faktor keberhasilan terjadi karena adanya kedekatan emosional yang dijalin antara Sales Assistant dan calon nasabah non muslim dan faktor ketidakberhasilan terjadi karena pesan-pesan yang disampaikan oleh Sales Assistant kepada calon nasabah tidak dapat dimengerti dengan baik apa maksud dan tujuannya, proses legalitas yang tidak berjalan dengan baik, adanya manipulasi data dan keadaan-keadaan yang diluar prediksi. Kata Kunci : Komunikasi, Komunikasi Persuasif, Nasabah Non-Muslim

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
SponsorCutra, Aslindaperpustakaan.uir@gmail.com
SponsorTessa, Shasriniperpustakaan.uir@gmail.com
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 21 Apr 2018 10:26
Last Modified: 21 Apr 2018 10:26
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/388

Actions (login required)

View Item View Item