Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII.2 SMP YLPI Perhentian Marpoyan

Fajriyah, Wirawati (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII.2 SMP YLPI Perhentian Marpoyan. ["eprint_fieldopt_thesis_type_undergraduate" not defined] thesis, Pendidikan Biologi.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img] Text
bab2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text
bab3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (644kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (86kB) | Request a copy
[img] Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII.2 SMP YLPI Perhentian Marpoyan Tahun Ajaran 2017-2018. Pengambilan data dilaksanakan pada bulan Agustus sampai September 2017. Subjeknya adalah siswa kelas VIII.2 SMP YLPI Perhentian Marpoyan, yang berjumlah 18 orang siswa terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Metode yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan analisis deskriptif, analisis deskriptif untuk mengetahui daya serap dan ketuntasan klasikal untuk nilai kognitif dan psikomotorik. Daya serap sebelum PTK 73,1% meningkat sebesar 8,9% pada siklus I menjadi 82% dan pada siklus II terjadi peningkatan 1% menjadi 83%. Ketuntasan klasikal kognitif sebelum PTK yaitu 33,3% meningkat sebesar 38,9% pada siklus I menjadi 72,2% dan pada siklus II terjadi peningkatan 11,1% menjadi 83,3%. Daya serap psikomotorik sebelum PTK 73,1% meningkat sebesar 8,4% pada siklus I menjadi 81,5% dan pada siklus II terjadi peningkatan 1,9% menjadi 83,4%. Ketuntasan klasikal psikomotorik sebelum PTK 33,3% meningkat sebesar 27,8% pada siklus I menjadi 61,1% dan pada siklus II terjadi peningkatan 16,7% menjadi 77,7%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar biologi kelas VIII.2 SMP YLPI Perhentian Marpoyan Tahun Ajaran 2017-2018. Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, Model Think Talk Write, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_undergraduate" not defined])
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: > Pendidikan Biologi
> Pendidikan Biologi
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 17 Apr 2018 14:13
Last Modified: 17 Apr 2018 14:13
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/324

Actions (login required)

View Item View Item