Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas X IPS SMA Serirama YLPI Pekanbaru

Ariska, Ariska (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas X IPS SMA Serirama YLPI Pekanbaru. Undergraduate thesis, Pendidikan Matematika.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img] Text
bab2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text
bab3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (32kB) | Request a copy
[img] Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (39kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan motivasi belajar matematika siswa pada materi trigonometri di kelas X IPS SMA Serirama YLPI Pekanbaru melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS SMA Serirama YLPI Pekanbaru yang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Instrumen pengumpulan data adalah lembar pengamatan dan lembar angket motivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa teknik pengamatan dan teknik angket. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu analisis data aktivitas guru dan siswa serta analisis data motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbaikan proses pembelajaran dan meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas X IPS SMA Serirama YLPI Pekanbaru. Hal ini dapat dilihat dari persentase motivasi belajar matematika siswa sebelum tindakan, sudah siklus I, dan sesudah siklus II. Sebelum tindakan, motivasi belajar matematika rata-rata siswa memperoleh persentase sebesar 55%. Setelah diberi tindakan, meningkat menjadi 63% pada akhir siklus I, dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 75%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas X IPS SMA Serirama YLPI Pekanbaru pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif, Teams Games Tournament (TGT). Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
SponsorAlzaber, Alzaberperpustakaan.uir@gmail.com
SponsorLeo, Adhar Effendiperpustakaan.uir@gmail.com
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 16 Apr 2018 11:00
Last Modified: 16 Apr 2018 11:00
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/303

Actions (login required)

View Item View Item