Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education(RME) Pada Materi Perbandingan Kelas VII SMP Bukit Raya Pekanbaru

Agus, Sri Murtika (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education(RME) Pada Materi Perbandingan Kelas VII SMP Bukit Raya Pekanbaru. ["eprint_fieldopt_thesis_type_undergraduate" not defined] thesis, Pendidikan Matematika.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img] Text
bab2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text
bab3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (711kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Bentuk penelitian ini adalah Reseach and Development (R&D) dengan langkah-langkah, potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk,validasi desain, revisi desain, ujicoba pemakaian, dan terakhir revisi produk. Subjek uji coba pada penelitian ini 30 orang siswa SMP Bukit Raya Pekanbaru. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa lembar validasi dan lembar respon . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah non tes. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif yang mendeskripsikan validitas dan praktikalitas. Nilai kevalidan perangkat diberikan kepada pakar yaitu 2 dosen dan 2 guru, dimana niali kevalidan pada RPP ini sebesar 76,89% dan pada LKPD sebesar 78,40%. Sehingga dari kegiatan penelitian tersebut diperoleh kevalidan perangkat pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) cukup valid digunakan untuk siswa kelas VII SMP Bukit Raya Pekanbaru. Kata Kunci : Pengembangan Perangkat Pembelajaran, RME, RPP, LKPD, R&D (Research dan Development)

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_undergraduate" not defined])
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: > Pendidikan Matematika
> Pendidikan Matematika
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 16 Apr 2018 10:59
Last Modified: 16 Apr 2018 10:59
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/302

Actions (login required)

View Item View Item