Pengajaran Seni Budaya (Tari Rentak Bulian)Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) pada Siswa Kelas X AP (Airframe and Power Plant Maintanance) SMK Penerbangan SPAN Pekanbaru

Novrianti, Novrianti (2016) Pengajaran Seni Budaya (Tari Rentak Bulian)Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) pada Siswa Kelas X AP (Airframe and Power Plant Maintanance) SMK Penerbangan SPAN Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
E. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
F. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
G. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
H. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
I. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Novrianti 2011 Skripsi Pengajaran Seni Budaya (Tari Rentak Bulian) Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) Pada Siswa Kelas X AP (Airframe And Power Plant Maintanace) SMK Penerbangan SPAN Pekanbaru. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Pengajaran seni budaya tari Rentak Bulian menggunakan model Kooperatif Think Pair Share (TPS) Pada siswa Kelas X AP (Airframe And Power Plant Maintanace) SMK Penerbangan SPAN Pekanbaru Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah Pengajaran Seni Budaya (Tari Rentak Bulian) Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) Pada Siswa Kelas X AP (Airframe And Power Plant Maintanace) SMK Penerbangan SPAN Pekanbaru. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini memiliki jumlah keseluruhan 23 orang yang terdiri dari 1 orang guru seni budaya 22 orang siswa 21 laki-laki dan 1 perempuan. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah sampel purposive. Di mana sampel pada penelitian ini sebanyak 23 orang. Penulis mengambil 1 orang guru seni budaya dan 22 orang siswa. Dalam penelitian ini jenis dan sumber data yang diperoleh dari data primer dan data sekunder. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif Analisis dengan data bersifat kualitatif. Teori yang dipakai pada penelitian ini adalah Ibrahimn dalam Trianto (2011) dan T. Rahimah (2007). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Pengajaran seni budaya dengan materi pembelajaran ragam tari berkelompok daerah setempat yaitu tari Rentak Bulian Pada Kelas X AP (Airframe And Power Plant Maintanace) SMK Penerbangan SPAN Pekanbaru, sudah sesuai dengan pembelajaran yang diharapkan oleh guru seni budaya, sehingga kualitas pembelajaran telah sesuai dengan apa yang telah direncanakan, dilakasanakan dan diharapkan dengan Pengajaran Seni Budaya (Tari Rentak Bulian) Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) Pada Siswa Kelas X AP (Airframe And Power Plant Maintanace) SMK Penerbangan SPAN Pekanbaru dapat meningkatnya hasil belajar siswa, di mana siswa sudah mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM), tujuannya agar siswa-siswi diharapkan bisa bekerjasama terhadap teman dan dapat mengenalkan serta menanamkan semangat kebudayaan daerah taridaerah setempat.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengajaran, Tari Tradisional Daerah Setempat, Tari Rentak Bulian.
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: > Pendidikan Sendratasik
Depositing User: Mohamad Habib Junaidi
Date Deposited: 04 Mar 2021 08:03
Last Modified: 04 Mar 2021 08:03
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/2250

Actions (login required)

View Item View Item