Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 180 Pekanbaru

Fajri, Al (2017) Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 180 Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (379kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (321kB) | Preview

Abstract

Tugas seorang supervisor untuk membantu mendorong dan memberikan keyakinan kepada guru, bahwa proses belajar-mengajar dapat di tingkatkan kualitas pembelajarannya dan harus diperbaiki. Peranan kepala sekolah menjadi sangat penting dalam pelaksanaan tugas guru. Namun berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan di SD Negeri 180 Pekanbaru, kepala sekolah yang memimpin di sekolah tersebut sudah melakukan tugasnya sebagai kepala sekolah dan memenuhi perannya sebagai Supervisor. Meskipun demikian kepala sekolah sudah berusaha namun masih terdapat gejala pada guru Pendidikan Agama Islam. Guru Pendidikan Agama Islam masih kurang bisa memanfaatkan IT (Informasi Teknologi), seperti menggunakan internet untuk keperluan materi pelajaran, Guru Pendidikan Agama Islam hanya bisa menggunakan alat peraga biasa saja sehingga proses belajar terasa membosankan bagi peserta didik. Kemudian tidak menggunakan alat media pembelajaran, Seperti menggunakan infokus yang telah disediakan, Guru Pendidikan Agama Islam Kurang dapat mengatasi anak-anak yang bermalas-malasan belajar keagamaan. Berdasarkan hal demikian penulis tertarik melakukan penelitian pada “Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 180 Pekanbaru” adapun Populasi dan sampel berjumlah 2 orang yaitu Kepala sekolah dan Guru Pendidikan Agama Islam. teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa yang penulis lakukan terhadap kepala sekolah SD Negeri 180 pekanbaru penulis simpulkan bahwa peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kualitas pembelajaran guru Pendidikan agama islam di SD Negeri 180 Pekanbaru dinyatakan “Baik” karena telah sesuai dengan standar atau indikator penelitian.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pembelajaran guru PAI
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Febby Amelia
Date Deposited: 26 Feb 2021 02:16
Last Modified: 26 Feb 2021 02:16
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/2216

Actions (login required)

View Item View Item