Pelaksanaan pembelajaran guru bidang studi Bahasa Indonesia di SMA Negeri Se-Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten Kampar

Wirawan, Wira (2020) Pelaksanaan pembelajaran guru bidang studi Bahasa Indonesia di SMA Negeri Se-Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten Kampar. Diploma thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
166210060.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pelaksanaan pembelajaran guru bidang studi Bahasa Indonesia di SMA Negeri se-Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten Kampar”.Pelaksanaan pembelajaran dalam dunia pendidikan adalah salah satu langkah yang harus ditempuh seorang pendidik/ guru. Pelaksanaan pembelajaran yang berhasil di terapkan akan memudahkan guru dalam proses pembelajaran di kelas. Observasi yang dilakukan penulis menemukan Guru masih jarang menyiapkan murid secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran. Guru jarang sekali menerapkan bagaimana membuat proses pembelajaran menjadi senang, mudah dan tertantang bagi peserta didik. Guruhampir jarang melakukan proses eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi dalam pembelajaran. Masalah penelitian adalah Bagaimana pelaksanaan pembelajaran guru bidang studi Bahasa Indonesia di SMA Negeri Se- Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten Kampar.Penelitian ini bertujuan Untuk mendeskripsikan, menganalisis, dan menginterpretasikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran guru bidang studi Bahasa Indonesia di SMA Negeri Se- Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten Kampar pada saat kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup pembelajaran. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Kunandar (2011).Sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik sampling jenuh karena guru Bahasa Indonesia se- Kecamatan Bangkinang Kota tidak mencapai 30 orang guru karena penulis melaksanakan penelitian hanya dua sekolah saja. Oleh sebab itu semua populasi dijadikan sampel sebanyak 10 orang guru.Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif.Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan Pelaksanaan pembelajaran guru bidang studi Bahasa Indonesia di SMA Negeri Se- Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten Kampar pada pelaksanaan kegiatan pendahuluan pembelajaran berada pada kategori kurang baik (42,5%) dan hipotesis ditolak . Penulis menemukan Pelaksanaan pembelajaran guru bidang studi Bahasa Indonesia di SMA Negeri Se- Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten Kampar pada pelaksanaan kegiatan inti pembelajaran berada pada kategori cukup baik (56,2%) dan hipotesis ditolak diterima. Penulis menemukan Pelaksanaan pembelajaran guru bidang studi Bahasa Indonesia pelaksanaan di SMA Negeri Se- Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten Kampar pada pelaksanaan kegiatan penutup pembelajaran berada pada kategori kurang baik (45,3%) dan hipotesis ditolak diterima.Pelaksanaan pembelajaran guru bidang studi Bahasa Indonesia di SMA Negeri Se Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten Kampar Tahun Ajaran 2019/2020 belum efektif. KATA KUNCI : Pelaksanaan Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDNazirun, Nazirunperpustakaan@uir.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 02 Dec 2020 04:08
Last Modified: 02 Dec 2020 04:08
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/2110

Actions (login required)

View Item View Item