Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Sma Negeri 01 Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir

Juli Harianto, JH (2016) Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Sma Negeri 01 Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir. Other thesis, Pendidikan Akuntansi.

[img]
Preview
Text
abstrak NEW.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (146kB) | Preview
[img] Text
BAB II new.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III new.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAK OK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada SMA Negeri 01 Kecamatan Keritang Kabupaten Indra Giri Hilir Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus dua kali pertemuan dan beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Rata-rata peningkatan presentase aktifitas guru pada siklus I pertemuan pertama adalah 68%. Kemudian meningkat pada pertemuan kedua menjadi 72%. Siklus II pada pertemuan Pertama meningkat menjadi 88%, pada pertemuan kedua meningkat menjadi 92%,Rata-rata peningkatan aktivitas siswa pada siklus I pertemuan pertama adalah 58,08%. Kemudian meningkat pada pertemuan kedua menjadi 72,05%. Siklus II pertemuan pertama adalah 80,14%, meningkat pada pertemuan ke dua menjadi 88,18%. Penerapan pembelajaran kooperatif melalui tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa dari skor dasar, siklus I ke siklus II. Skor dasar dengan skala klasikal 58,82%, ketuntasan individu 20 orang dengan rata-rata 74,55. Siklus I dengan skala klasikal 70,05%, ketuntasan individu 24 orang dengan rata-rata 79,11. Siklus II dengan skala klasikal 91,17%, ketuntasan individu 31 orangdari 34 orang dengan rata-rata 89,85.Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi. Kata kunci : Penerapan Metode Pembelajaran Tipe Group Investigation, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 28 Feb 2018 15:14
Last Modified: 28 Feb 2018 15:14
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/21

Actions (login required)

View Item View Item