PENGGUNAAN METODE MENIRU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENARI KUPU-KUPU DI KELAS B2 TAMAN KANAK-KANAK AS-SHOLIHIN GANTING KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR

ANGGRAINI, TARI (2015) PENGGUNAAN METODE MENIRU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENARI KUPU-KUPU DI KELAS B2 TAMAN KANAK-KANAK AS-SHOLIHIN GANTING KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR. Diploma thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
106712253.pdf - Submitted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kemampuan menari siswa berkaitan dengan kecakapan siswa untuk memperagakan ragam-ragam tari yang dianjurkan guru kepada mereka. Kemampuan menari siswa dinilai melalui tiga unsur, adalah: (a) Wiraga adalah memiliki keterampilan teknis gerak mencakup kemampuan menghafal urutan gerak, kemampuan olah tubuh, keterampilan mentaati gaya tari dan kelenturan; (b) Wirama adalah memiliki kepekaan musikal yaitu kepekaan dalam menyelaraskan ritme gerak penari lainnya; (c) Wirasa adalah mampu menghayati dan mengekpresian karakter peran dan karakter tari. Tari adalah ekpresi jiwa manusia melalui gerak-gerak yang indah dan ritmis. Metode Meniru adalah metode yang termasuk bagian dari metode pembelajaran simulasi sosial. Yang artinya berpura-pura atau seakan-akan. Dalam penelitian ini berkaitan dengan kemampuan tari kupu-kupu siswa kelompok B2 di Tk As-Sholihin Salo yang terdiri 20 orang siswa yang diajarkan dengan metode Meniru. Perumusan masalah penelitian ini sebagai berikut” Apakah penggunaan metode meniru dalam menari kupu-kupu dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menari?”. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah suatu penelitian praktis yang bertujuan untuk memperbaiki kekurangan dalam pemebelajaran dan cara melakukan tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan praktek pembelajaran. Jumlah sample 20 siswa. Instrumen penelitian, berdasarkan hasil analisis data ditemukan peningkatan: yaitu pada tes awal siswa menari kupu kupu dengan rata-rata wiraga 4,35, wirama 3,15, wirasa 3,15. Pada siklus I wiraga 6,95, wirama 5,4, wirasa 5,4. Dan pada siklus II wiraga 8,2, wirama 5,5, wirasa 5,5. Maka dengan demikian hipotesis diterima. Hipotesis berbunyi “penggunaan metode Meniru mampu meningkatkan kemampuan menari kupu-kupu pada siswa kelompok B2 di TK AS-SHOLIHIN Ganting Kecamatan Salo Kabupaten Kampar Propinsi Riau.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, Tari, Meniru
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: > Pendidikan Sendratasik
Depositing User: Novri
Date Deposited: 03 Jun 2020 08:17
Last Modified: 03 Jun 2020 08:17
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/1757

Actions (login required)

View Item View Item