Pelaksanaan Perjanjian Dan Akibat Hukum Terhadap Pengadaan Barang Antara Supplier Dengan Ceria Swalayan Di Pasir Pengaraian

Selvi, Afriani (2018) Pelaksanaan Perjanjian Dan Akibat Hukum Terhadap Pengadaan Barang Antara Supplier Dengan Ceria Swalayan Di Pasir Pengaraian. ["eprint_fieldopt_thesis_type_undergraduate" not defined] thesis, Ilmu Hukum.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img] Text
bab2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text
bab3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (40kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (17kB) | Request a copy
[img] Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (22kB) | Request a copy

Abstract

Swalayan merupakan salah satu sarana pemasaran produk perusahaan. Kegiatan pemasaran yang dilakukan swalayan yaitu dengan menyediakan beraneka macam jenis produk dari berbagai perusahaan (selaku produsen). Tetapi, swalayan juga dapat disebut sebagai perusahaan, karena melakukan kegiatan penjualan produk yang beraneka macam tersebut dan pelayanan terhadap konsumen dengan menyediakan kebutuhan konsumen yang bertujuan untuk mendapatkan laba dari hasil penjualan produk secara optimal. Akibat dari gejala tersebut menyebabkan munculnya banyak perjanjian kerjasama diantara para pengusaha yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan dan perputaran roda perekonomian para pengusaha yang semakin membaik dan juga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Berdasarkan latar belakang dan judul yang telah dikemukakan di atas, maka permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu Bagaimana pelaksanaan perjanjian dan akibat hukum terhadap pengadaan barang antara Supplier dengan Ceria Swalayan di Pasir Pengaraian, dan Apa hambatan dalam pelaksanaan perjanjian terhadap pengadaan barang antara Supplier dengan Ceria Swalayan di Pasir Pengaraian. Penelitian ini menggunakan metode observasi (observational research) yaitu dengan cara survey yaitu penelitian yang dilaksanakan oleh penulis secara langsung turun kelapangan untuk memperoleh data-data yang diperlukan kemudian penulis olah data tersebut menjadi karya tulis ilmiah. Jika dilihat dari sifatnya maka termasuk kedalam deskriptif analitis, yaitu mengemukakan data hasil penelitian yang telah di dapatkan kemudian diolah data tersebut menjadi karya tulis ilmiah dengan menggunakan teori-teori baik dari literatur atau bukubuku yang berkaitan maupun hasil penelitian terdahulu. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pelaksanaan perjanjian dan akibat hukum terhadap pengadaan barang yang melibatkan Supplier dengan Ceria Swalayan yaitu pelaksanaan perjanjian didasari oleh aspek yuridis tidak ada perjanjian secara tertulis antara supplier dan pihak Ceria Swalayan karena kedua belah pihak sepakat melakukan perjanjian secara lisan. Meskipun hal-hal pokok tidak dituangkan dalam perjanjian tertulis, bentuk perjanjian tersebut merupakan perjanjian standar antara kedua belah pihak. Kendala yang dihadapi oleh Supplier dengan Ceria Swalayan yaitu keterlambatan pengiriman barang dan pengembalian sejumlah barang (return) yang di batasi oleh pihak Supplier sehingga membuat pihak Ceria Swalayan mengalami kerugian yang menyebabkan terhentinya perputaran penjualan produk.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_undergraduate" not defined])
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: > Ilmu Hukum
> Ilmu Hukum
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 21 Mar 2018 15:38
Last Modified: 21 Mar 2018 15:38
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/150

Actions (login required)

View Item View Item