Implementasi Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor Berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi Riau Nomor 8 Tahun 2011 Tentang Pajak Daerah Di Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu

Wulan, Sri Rahmadani (2018) Implementasi Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor Berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi Riau Nomor 8 Tahun 2011 Tentang Pajak Daerah Di Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu. ["eprint_fieldopt_thesis_type_undergraduate" not defined] thesis, Ilmu Hukum.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img] Text
bab2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text
bab3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (75kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8kB) | Request a copy
[img] Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (16kB) | Request a copy

Abstract

Keberadaan pajak daerah dalam era otonomi daerah menjadi bagian yang sangat penting dan tidak terpisah dengan penyelenggaraan pemerintah. Artinya semakin besar daerah mampu menggali potensi pajak daerah dari masyarakat maka kemungkinan daerah itu akan dapat memenuhi target maksimal. Pajak Kendaraan Bermotor merupakan jenis pajak provinsi yang mana dalam pelaksanaan pemungutannya dilakukan di kantor bersama Samsat. Namun masih ada kurangnya kesadaran masyarakat untuk membayar pajak tepat waktu., dengan demikian konsekuensinya berpengaruh terhadap daerah dalam merencanakan dan membuat program-program pembangunan daerah lebih inovatif dan lebih banyak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, bagaimana implementasi pemungutan pajak kendaraan bermotor berdasarkan Perda Prrovinsi Riau Nomor 8 Tahun 2011 tentang pajak daerah di Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu?, dan apa hambatan implementasi pemungutan pajak kendaraan bermotor di Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu?. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian observasi atau dengan cara survey artinya penelitian yang langsung turun ke lapangan dilakukan untuk mengumpulkan data primer dan data sekunder yang didapat dari responden baik melalui kuesioner ataupun wawancara untuk dijadikan data sebagai bahan dalam penulisan penelitian sedangkan sifatnya deskriptif yaitu menggambarkan permasalahan yang ada ditemui di lapangan secara apa adanya. Adapun hasil penelitian dari rumusan masalah tersebut adalah Implementasi pemungutan pajak kendaraan bermotor berdasarakan Peraturan Daerah Provinsi Riau Nomor 8 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah di Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu ini dilihat dari tata cara pemungutannya sudah terlaksana dengan optimal, dan dilakukan sesuai dengan prosedur dan persyaratan yang telah ditetapkan serta penerapan sanksi oleh petugas pajak petugas sudah dilaksanakan dengan baik. Meskipun target yang telah ditetapkan belum tercapai. Hal ini terjadi karena masih adanya wajib pajak tidak tepat waktu dalam membayar pajak kendaraan bermotor sehingga target pajak yang telah ditetapkan belum tercapai. Hambatan implementasi pemungutan pajak kendaraan bermotor di Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu yaitu kurangnya sosialisasi peraturan daerah yang dilakukan oleh petugas pajak kepada masyarakat sehinga banyaknya wajib pajak yang tidak mengetahui dan tidak mengerti tentang ketentuan-ketentuan yang ada dalam peraturan daerah tersebut. Kurangnya kesadaran wajib pajak untuk membayar pajak sehingga banyak yang mengalami tunggakan dan keterbatasan teknologi juga menjadi penghambat petugas pajak, sehingga sulit untuk melakukan tugasnya secara optimal.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_undergraduate" not defined])
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: > Ilmu Hukum
> Ilmu Hukum
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 21 Mar 2018 15:36
Last Modified: 21 Mar 2018 15:36
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/148

Actions (login required)

View Item View Item