Penerapan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Budaya (Seni Tari) Kelas VII.5 SMP Negeri 1 Dayun Kecamatan Dayun Kabupaten Siak TA. 2017/2018

Sonia, Sonia (2018) Penerapan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Budaya (Seni Tari) Kelas VII.5 SMP Negeri 1 Dayun Kecamatan Dayun Kabupaten Siak TA. 2017/2018. ["eprint_fieldopt_thesis_type_undergraduate" not defined] thesis, Pendidikan Sendratasik.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img] Text
bab2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text
bab3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (631kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan penelitian yaitu kurangnya respon siswa terhadap materi yang disampaikan guru, siswa kurang bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan guru terutama pelajaran seni budaya, guru masih menggunakanpendekatan saintifik,ceramah,Tanya jawab dan pemberian tugas.Rumusan masalah penelitian yaitu :Apakah Penerapan Metode Tutor Sebaya dapat meningkatkan hasil belajar seni budaya (seni tari) di kelas VII.5 SMP Negeri 1 Dayun Kecamatan Dayun Kabupaten Siak. Teori yang digunakan adalah teori Dimyati & Mujio Daryanto dan Mulyo Raharjono tentang belajar dan hasil belajar,teori Yulianti tentang seni tari dan teori Endang Mulyatitiningsing tentang metode Tutor Sebaya.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam empat langkah utama yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pembelajaran dilaksanakan dengan dua siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam empat kali pertemuan pada siklus I(pertama) dan tiga kali pertemuan pada siklus II (kedua).Pengamatan dilakukan oleh guru Seni Budaya yang mengamati siswa. Lembar pengamatan akan dianalisis dengan statistik deskriptif sedangkan hasil belajar akan dianalisis dengan analisis ketercapaian KKM. Berdasarkan analisis data penulis maka dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode tutor sebaya. Sebagaimana pemahaman siswa mengalami peningkatan dari sebelum melaksanakan PTK yaitu mencapai ketuntasan klasikal 50% namun setelah dilaksanakan siklus I dengan menggunakan Metode Tutor Sebaya ketuntasan menjadi meningkat menjadi 73,07%, kemudian ketuntasan kembali meningkat pada siklus II yakni mencapai ketuntasan klasikal menjadi 100% atau dapat dikatakan pembelajaran tuntas dengan semua siswa mampu mencapai nilai KKM yang telah ditentukan yaitu 78. Dengan metodeTutor Sebaya ini diterapkan dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dikelas VII.5 SMP Negeri 1 Dayun, dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran Seni Budaya (TariTor-tor) dikelasVII.5 SMP Negeri 1 Dayun Kecamatan Dayun Kabupaten Siak T.A 2016/2017. Kata Kunci :Hasil Belajar, Seni Tari,MetodeTutor Sebaya.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_undergraduate" not defined])
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: > Pendidikan Sendratasik
> Pendidikan Sendratasik
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 21 Mar 2018 15:03
Last Modified: 21 Mar 2018 15:03
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/140

Actions (login required)

View Item View Item