Peningkatan Kemampuan Menari (Tari Saman) Melalui Metode Drill Siswa Di Kelas Viii-1 Smpn 1 Bandar Seikijang Kabupaten Pelalawan Tahun Ajaran 2017/2018

Sherly, Puspita Sari (2018) Peningkatan Kemampuan Menari (Tari Saman) Melalui Metode Drill Siswa Di Kelas Viii-1 Smpn 1 Bandar Seikijang Kabupaten Pelalawan Tahun Ajaran 2017/2018. ["eprint_fieldopt_thesis_type_undergraduate" not defined] thesis, Pendidikan Sendratasik.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img] Text
bab2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text
bab3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (66kB) | Request a copy
[img] Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (77kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan menari(tari saman) melalui metode drill siswa dikelas VIII-1 SMPN 1 Bandar Seikijang Kabupaten Pelalawan Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbentuk deskriptif kuantitatif yaitu mengamati dan meningkatkan hasil kemampuan dan proses belajar mengajar di kelas. Berdasarkan penelitian ini, data akan diambil bersamaan dengan mulainya proses belajar-mengajar Seni Budaya di kelas VIII-1 SMPN 1 Bandar Seikijang Kabupaten Pelalawan tahun ajaran 2017/2018 pada semester genap. Data diambil melalui dua siklus yaitu berkisar antara dua atau tiga bulan lamanya tergantung kemampuan belajar yang telah meningkat atau perlu ditingkatkan lagi. Data diambil dimulai dari bulan Januari-Februari tahun 2018 yaitu kemampuan intelektual dan kemampuan fisik siswa. Pada saat tes awal kemampuan intelektual terdapat 3 siswa yang tuntas dengan persentase 10.71% dan kemampuan fisik saat tes awal tidak ada yang tuntas. Kemudian hasil siklus I pada kemampuan intelektual terdapat 4 siswa yang tuntas dengan persentase klasikal 14.29% dan pada kemampuan fisik berdasarkan aspek wiraga, wirama, dan wirasa terdapat 4 siswa dengan kategori cukup baik namun tidak dinyatakan tuntas dikarenakan KKM di sekolah tersebut adalah 80. Selanjutnya pada hasil siklus II terdapat pada kemampuan intelektual yang meningkat yakni dari 28 siswa semua dinyatakan lulus dengan uraian 5 siswa dengan kategori sangat baik, 8 siswa dengan kategori baik, dan 15 siswa lainnya dengan kategori cukup baik. Kemudian pada kemampuan fisik juga terjadi peningkatan yakni terdapat 14 siswa dinyatakan tuntas dengan uraian 5 siswa dengan kategori sangat baik dan 9 siswa dengan kategori baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode drill pada pembelajaran seni budaya tari dapat meningkatkan kemampuan menari siswa terutama di SMPN 1 Bandar Seikijang. Kata Kunci: metode drill, kemampuan menari

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_undergraduate" not defined])
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: > Pendidikan Sendratasik
> Pendidikan Sendratasik
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 21 Mar 2018 14:53
Last Modified: 21 Mar 2018 14:53
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/135

Actions (login required)

View Item View Item