Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievement Division) Pada Mata Pelajaran Seni Budaya (Tari Saman) di Kelas XI Mipa 4 Sma Negeri 5 Pekanbaru Provinsi Riau TA. 2017/2018

Adella, Neilandia (2018) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievement Division) Pada Mata Pelajaran Seni Budaya (Tari Saman) di Kelas XI Mipa 4 Sma Negeri 5 Pekanbaru Provinsi Riau TA. 2017/2018. ["eprint_fieldopt_thesis_type_undergraduate" not defined] thesis, Pendidikan Sendratasik.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img] Text
bab2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text
bab3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy

Abstract

Judul Penelitian ini adalah Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Pada Mata Pelajaran Seni Budaya (Tari Saman) Di Kelas XI MIPA 4 SMA NEGERI 5 Pekanbaru Provinsi Riau TA. 2017/2018. Rumusan masalah pada penelititian ini yaitu Bagaimanakah Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Pada Mata Pelajaran Seni Budaya (Tari Saman) Di Kelas XI MIPA 4 SMA NEGERI 5 Pekanbaru Provinsi Riau TA. 2017/2018. Atma Murni (2009:19) Model STAD (Student Team Achievment Division) dikembangkan oleh Robert Slavin dan teman-temannya di universitas john Hopkin, dan merupakan pendekatan pembelajaran kooperatif yang paling sederhana. Dalam hal ini penulis menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus dan 7 kali pertemuan. Untuk menganalisis data penelitian penulis menggunakan teknik kuantitatif guna untuk menganalisis hasil belajar siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 5 Pekanbaru dalam mengidentifikasi seni tari Nusantara dan memperagakan gerak tari Nusantara. Aktivitas lembar guru dan siswa melalui lembar observasi. Hasil analisis data siklus I mendapat nilai rata-rata 75,94 dengan kategori Cukup. Dan pada sklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata siswa 84 dengan kategori Baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan jika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran seni budaya (tari Saman) di kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 5 Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_undergraduate" not defined])
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: > Pendidikan Sendratasik
> Pendidikan Sendratasik
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 21 Mar 2018 14:42
Last Modified: 21 Mar 2018 14:42
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/133

Actions (login required)

View Item View Item