Peningkatan Kemampuan Menari Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya (Seni Tari Mantra Gila) Melalui Model Inkuiri Dikelas X Ipa E Sman 2 Bengkalis Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau T.A 2017/2018

Jennie, Larassati Putri (2018) Peningkatan Kemampuan Menari Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya (Seni Tari Mantra Gila) Melalui Model Inkuiri Dikelas X Ipa E Sman 2 Bengkalis Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau T.A 2017/2018. ["eprint_fieldopt_thesis_type_undergraduate" not defined] thesis, Pendidikan Sendratasik.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img] Text
bab2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
bab3.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana peningkatan kemampuan siswa dalam bidang seni tari mantra gila melalui model Inkuiri dikelas X IPA E SMAN 2 Bengkalis T.A 2017/2018 dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, praktek, dan dokumentasi. Jenis peneltian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yakni dengan memberikan observasi atau responden. Model pembelajaran Inkuiri adalah rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berfikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Proses berfikir itu sendiri bias melalui pertanyaan guru terhadap siswa. Pada penelitian ini berkaitan dengan kemampuan tari mantra gila siswa kelas X IPA E SMAN 2 Bengkalis dengan subyek penelitian terdiri dari 26 orang siswa yang diajarkan dengan model Inkuiri. Instrument penelitian yang diterapkan yaitu tes menari. Dalam analisis data, penulis menganalisis kemampuan individu siswa dalam tari mantra gila. Berdasarkan hasil analisis ditemukan dengan KKM ≥75 dapat dilihat peningkatan ketuntasan penilaian kemampuan intelektual menari Mantra Gila siswa dimulai dari tes awal pada tahap kemampuan intelektual ini diperoleh ketuntasan individu adalah 4 orang siswa yang tuntas, setelah dilakukan siklus I persentase ketuntasan individu naik menjadi 7 orang siswa yang tuntas, dan setelah dilaksanakan siklus II ketuntasan individu meningkat menjadi 23 orang. Kemudian dilakukan penilaian kemampuan fisik pada tahap uji coba diperoleh persentase ketuntasan adalah 38,46%, setelah dilakukan siklus I persentase ketuntasan naik menjadi 65,38% dan setelah dilaksanakan siklus II ketuntasan meningkat menjadi 88,46%. Berdasarkan data tersebut dapat memperkuat kesimpulan bahwa penerapan metode inkuiri mampu meningkatkan kemampuan dalam Tari Mantra Gila siswa di kelas X IPA E SMAN 2 Bengkalis. Kata Kunci : Kemampuan, Tari Mantra Gila, Inkuiri

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_undergraduate" not defined])
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: > Pendidikan Sendratasik
> Pendidikan Sendratasik
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 21 Mar 2018 14:37
Last Modified: 21 Mar 2018 14:37
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/132

Actions (login required)

View Item View Item