Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (pbm) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Widya Graha YKWI Pekanbaru

Ramadhoni, Rezky (2019) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (pbm) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Widya Graha YKWI Pekanbaru. Undergraduate thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
REZKY RAMADHONI - 1.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP WIDYA GRAHA YKWI PEKANBARU pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) tahun ajaran 2018/2019, melalui penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP WIDYA GRAHA YKWI PEKANBARU yang berjumlah 20 orang siswa dengan 13 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 04 Oktober 2018 sampai dengan 23 Oktober 2018. Bentuk penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran yang terdiri dari Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar pengamatan dan tes hasil belajar. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah teknik non-tes dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data tentang aktivitas guru dan siswa (Kualitatif), analisis data hasil belajar (Kuantitatif), analisis ketercapaian kriteria ketuntasan minimum (KKM), analisis rata-rata hasil belajar, dan analisis keberhasilan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbaikan proses pembelajaran pada siklus I dibandingkn sebelum dilakukannya tindakan, begitu juga dengan perbaikan proses pembelajaran pada siklus II yang mengalami perbaikan dibandingkan siklus I. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa pada siklus I meningkat dibandingkan skor dasar, begitu juga dengan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II yang meningkatkan dibandingkan siklus I. Rata-rata nilai siswa pada skor dasar 61,4, siklus I 68,65, dan siklus II 77,55. Jumlah siswa yang mencapai KKM 68 Pada skor dasar sebanyak 9 siswa, siklus I sebanyak 12 siswa dan siklus II sebanyak 14 siswa atau dalam bentuk presentase 45%, 60% dan 70%.Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP WIDYA GRAHA YKWI PEKANBARU tahun ajaran 2018/2019 khususnya pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Kata Kunci: Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar Matematika
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Adm PerpusUIR
Date Deposited: 02 Apr 2019 11:17
Last Modified: 02 Apr 2019 11:17
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/1215

Actions (login required)

View Item View Item