Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Seni Budaya (Tari Persembahan) Melalui Metode Group Resume Di Smpn 1 Rengat Barat Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau

Fera, Fitriyani (2018) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Seni Budaya (Tari Persembahan) Melalui Metode Group Resume Di Smpn 1 Rengat Barat Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau. ["eprint_fieldopt_thesis_type_undergraduate" not defined] thesis, Pendidikan Sendratasik.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img] Text
bab2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text
bab3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (872kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy
[img] Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan belajar dengan menggunakan metode group resume dalam mata pelajaran seni budaya (Tari) di SMPN 1 Rengat Barat Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu. Teori yang digunakan menurut Melvin Silberman 1992:34 pembelajaran metode group resume adalah pendekatan dalam pembelajaran yang mensyaratkan peserta didik menguasai secara tuntas seluruh standar kompetensi maupun kompetensi dasar mata pelajaran. Populasi pada penelitian ini adalah yaitu siswa kelas VIII SMPN 1 Rengat Barat. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan sampel berdasarkan keseluruhan siswa yang berjumlah 26 orang siswa. Jenis penelitian ini metode penelitian tindakan kelas dengan kuantitatif. Metode ini bertujuan mengambarkan cara guru memberi pengajaran sampai tuntas kepada siswa. Dari hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar dapat meningkatkan melalui metode ghroup resume diketahui pada awal hanya tercapai rata-rata 57,57 berada pada kategori kurang. Kemudian pada siklus I terjadi peningkatan rata-rata 57,58 bearada pada kategori cukup. Sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa tercapai pada rata-rata nilai 85,30 berada pada kategori baik. Dengan demikian penelitian berhasil . karena indikator kinerja yang menjadi acuan keberhasilan penelitian telah melebihi 80% dari jumlah seluruh siswa memperoleh nilai minimal 75 dengan demikian hipotesis dapat diterima. Kata Kunci: Metode Group Resume (kelompok)

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_undergraduate" not defined])
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: > Pendidikan Sendratasik
> Pendidikan Sendratasik
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 19 Mar 2018 14:56
Last Modified: 19 Mar 2018 14:56
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/121

Actions (login required)

View Item View Item